Jumat, 14 Desember 2018

MODUL 3 "OOP Lanjutan"

LAPORAN PRAKTIKUM PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
MODUL III
“OOP LANJUTAN”

Dosen : Iwan Lesmana, M.Kom


Disusun Oleh :
Regi Permana Jaya
20160910112

SI 2016 C


PRODI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN



KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang memberikan bimbingan dan pertolongannya sehingga dalam penulisan Laporan Praktikum Pemograman Berorientasi Objek ini bisa berjalan dengan lancar. Penulisan Laporan Praktikum Pemograman Berorientasi Objek Ini dimaksudkan penulis khusunya saya sendiri untuk memenuhi tugas mata kuliah Pemograman Berorientasi Objek. Penulisan Laporan Praktikum Pemograman Berorientasi Objek ini dimaksudkan sebagai penambah wawasan pembaca khususnya tentang Pemograman Berorientasi Objek tentang Oop Lanjutan. Di sisi lain, penulis mengajak kepada para pembaca agar dapat memahami dan mendalami masalah topik di atas, sekaligus menerapkan hasil Laporan Pemograman Berorientasi Objek.
Demikianlah sebagai pengantar, mudah-mudahan dengan laporan ini bisa diterima dengan baik. Dan semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat-Nya dalam setiap aktivitas yang kita kerjakan. Amin
                                                               Kuningan , 11  November 2018
                            Penyusun,
                                      Regi Permana Jaya
 
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR...........................................................................................1
DAFTAR ISI.......................................................................................................2
BAB I DASAR TEORI
A. Dasar Teori..................................................................................................3
BAB II PEMBAHASAN
A. Praktikum....................................................................................................5
B. Latihan/Post Test.......................................................................................19
C. Tugas Individu...........................................................................................21
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan................................................................................................23


BAB I
 DASAR TEORI
  1. DASAR TEORI

  1. Definisi Objek
    Setiap Object (obyek) dibangun dari sekumpulan data (atribut) yang disebut variabel ( untuk menjabarkan karakteristik khusus dari obyek) dan juga terdiri dari sekumpulan method (menjambarkan tingkah laku dari obyek). Objek merupakan sebuah instance dari class. Jika class secara umum mempersentasikan template sebuah objek, sebuah instance adalah represenstasi nyata dari class itu sendiri.

    Cara pembuatan objek : menggunakan perintah new
      Contoh : dari class Motor dapat dibuat objek honda, yamaha, suzuki,dll.

      Method adalah suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu objek atau dapat dikatakan method adalah perilaku dari objek.
      Method memiliki 4 (empat) bagian dasar, antara lain :
      1. Nama Method
      2. Tipe Objek atau tipe primitive yang dikemabalikan metode
      3. Daftar parameter
      4. Badan atau isi method

        Construktor merupakan method khusus yangdigunakan untuk menginisialisasi objek dan masing-masing class pasti memiliki satu construktor. Perbedaan method bisa dengan construktor adalah nama method. Construktor memiliki nama method sama persis dengan nama classnya, tidak bertipe dan tidak memiliki nilai kembalian. Pemanggilan Construktor dapat dilakukan dengan refrensi this().

       2. Method Accessor Dan Method Mutator
          Method Accessor merupakan method yang digunakan untuk mengambil nilai variabel pada suatu class. Method accessor disebut juga dengan getter. Sedangkan Method Mutator merupakan method yang digunakan untuk memberikan nilai pada variabel. Method mutator disebut juga dengan setter. Kedua method tersebut menggunakan access modifier public. Variabel yang digunakan untuk getter dan setter menggunakan access modifier private.
    Contoh cara penulisan getter :
    Contoh cara penulisan Setter :

       3. Overloading Method
    Overloading Method adalah terdapat method yang sama pada satu class namun berbeda paramter.


    BAB II
    PEMBAHASAN
    1. PRAKTIKUM
    Membuat Project Di Netbeans
    1. Yang pertama yaitu membuat Project Baru di Netbeans dengan caara klik File -> New Project - > Choose Project (Java Aplication).
    2. Kemudian klik Next dan isikan Project Name nya : Modul3PBO dan Project Locationnya berada di D:\PBOLISNA.
        3.  Setelah itu yaitu membuat file Empity Java file baru dengan cara klik kanan Source Package ->  New -> Other -> Empity Java File. Dan klik Next.

    • PRAKTIKUM 1
    1. Buat File Empity Java File Baru. Setelah itu Kemudian berinama class namenyaDataDiri.java
    Source Code DataDiri.java
    Hasil running  :

    • PRAKTIKUM 2
    Penggunaan Method Setter dan Getter
    1. Buat File Empity Java File Baru. Setelah itu Kemudian berinama class namenyaBalok.java

    Source Code Balok.java
    Hasil Running :

    • PRAKTIKUM 3
    1. Buat File Empity Java File Baru. Setelah itu Kemudian berinama class namenyaManusia.java
    Source Code Manusia.java

    2. Buat File Empity Java File baru, class namenya Lisna.java
    Source Code Lisna.java
    Hasil Running :
    • PRAKTIKUM 4
    1. Buat File Empity Java File Baru. Setelah itu Kemudian berinama class namenyaSPP.java


      Source Code SPP.java
        2. Buat File Empity Java File baru, class namenya BayarSPP.java
    Source Code BayarSPP.java
    Hasil Running :

    • PRAKTIKUM 5
    1. Buat File Empity Java File Baru. Setelah itu Kemudian berinama class namenyaMobil.java
      Source Code Mobil.java

    2. Buat File Empity Java File baru, class namenya Utama.java
    Source Code Utama.java
    Hasil Running :


        B. LATIHAN / POST TEST 
    Buatlah Program penerapan class, object, atribut, method seperti praktikum 3 dengan class/objek yang lain.

    1. Buat File Empity Java File Baru. Setelah itu Kemudian berinama class namenyaHewan.java

      Source Code Hewan.java
      2. Buat File Empity Java File baru, class namenya SuaraHewan.java
    Source Code SuaraHewan.java
    Hasil Running :


        C. TUGAS INDIVIDU
    Buatlah Program Praktikum 3 dengan inputan data menggunakan JoptionPane.
    Source Code Manusia.java
    Source Code Lisna.java
    Hasil Running :



    KESIMPULAN

    Setiap Object (obyek) dibangun dari sekumpulan data (atribut) yang disebut variabel ( untuk menjabarkan karakteristik khusus dari obyek) dan juga terdiri dari sekumpulan method (menjambarkan tingkah laku dari obyek). Objek merupakan sebuah instance dari class. Jika class secara umum mempersentasikan template sebuah objek, sebuah instance adalah represenstasi nyata dari class itu sendiri.
    Share:

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Recent in Sports

    Instagram

    About Sure Mag

    Sponsor

    Comments

    Facebook

    Latest Posts

    Music

    Sample Text

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

    Contact Us

    Nama

    Email *

    Pesan *

    Powered By Blogger

    Post Top Ad

    Subscribe Box

    Flickr Gallery

    Social Media

    Blogroll

    About

    Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.
    Diberdayakan oleh Blogger.

    Header Ads

    Subscribe

    Blogroll

    Recent Posts

    Ordered List

    1. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
    2. Aliquam tincidunt mauris eu risus.
    3. Vestibulum auctor dapibus neque.

    Definition List

    Definition list
    Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.
    Lorem ipsum dolor sit amet
    Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

    Support

    Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.

    Visitor

    Cari Blog Ini

    Archive

    Comment

    Home Ads

    Random Posts

    Videos

    Technology

    Sports

    Random Posts

    Recent Posts

    Recent in Sports

    Search Blog

    Titulo

    Subscribe for New Post Notifications

    Followers

    Join with us

    Featured

    Advertisement

    Recent

    Post Top Ad

    Your Ad Spot

    Pages

    Pages

    Pages - Menu

    Pages - Menu

    Pages

    LATEST POSTS

    Labels

    Blogger templates