LAPORAN PRAKTIKUM PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
MODUL III
“OOP LANJUTAN”
Dosen : Iwan Lesmana, M.Kom
Disusun Oleh :
Regi Permana Jaya
20160910112
SI 2016 C
PRODI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang memberikan bimbingan dan pertolongannya sehingga dalam penulisan Laporan Praktikum Pemograman Berorientasi Objek ini bisa berjalan dengan lancar. Penulisan Laporan Praktikum Pemograman Berorientasi Objek Ini dimaksudkan penulis khusunya saya sendiri untuk memenuhi tugas mata kuliah Pemograman Berorientasi Objek. Penulisan Laporan Praktikum Pemograman Berorientasi Objek ini dimaksudkan sebagai penambah wawasan pembaca khususnya tentang Pemograman Berorientasi Objek tentang Oop Lanjutan. Di sisi lain, penulis mengajak kepada para pembaca agar dapat memahami dan mendalami masalah topik di atas, sekaligus menerapkan hasil Laporan Pemograman Berorientasi Objek.
Demikianlah sebagai pengantar, mudah-mudahan dengan laporan ini bisa diterima dengan baik. Dan semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat-Nya dalam setiap aktivitas yang kita kerjakan. Amin
Kuningan , 11 November 2018
Penyusun,
Regi Permana Jaya
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR...........................................................................................1
DAFTAR ISI.......................................................................................................2
BAB I DASAR TEORI
A. Dasar Teori..................................................................................................3
BAB II PEMBAHASAN
A. Praktikum....................................................................................................5
B. Latihan/Post Test.......................................................................................19
C. Tugas Individu...........................................................................................21
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan................................................................................................23
BAB I
DASAR TEORI
- DASAR TEORI
- Definisi ObjekSetiap Object (obyek) dibangun dari sekumpulan data (atribut) yang disebut variabel ( untuk menjabarkan karakteristik khusus dari obyek) dan juga terdiri dari sekumpulan method (menjambarkan tingkah laku dari obyek). Objek merupakan sebuah instance dari class. Jika class secara umum mempersentasikan template sebuah objek, sebuah instance adalah represenstasi nyata dari class itu sendiri.Cara pembuatan objek : menggunakan perintah new
- Nama Method
- Tipe Objek atau tipe primitive yang dikemabalikan metode
- Daftar parameter
- Badan atau isi methodConstruktor merupakan method khusus yangdigunakan untuk menginisialisasi objek dan masing-masing class pasti memiliki satu construktor. Perbedaan method bisa dengan construktor adalah nama method. Construktor memiliki nama method sama persis dengan nama classnya, tidak bertipe dan tidak memiliki nilai kembalian. Pemanggilan Construktor dapat dilakukan dengan refrensi this().
Contoh : dari class Motor dapat dibuat objek honda, yamaha, suzuki,dll.
Method adalah suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu objek atau dapat dikatakan method adalah perilaku dari objek.
Method memiliki 4 (empat) bagian dasar, antara lain :
2. Method Accessor Dan Method Mutator
Method Accessor merupakan method yang digunakan untuk mengambil nilai variabel pada suatu class. Method accessor disebut juga dengan getter. Sedangkan Method Mutator merupakan method yang digunakan untuk memberikan nilai pada variabel. Method mutator disebut juga dengan setter. Kedua method tersebut menggunakan access modifier public. Variabel yang digunakan untuk getter dan setter menggunakan access modifier private.
Contoh cara penulisan getter :
Contoh cara penulisan Setter :
3. Overloading Method
Overloading Method adalah terdapat method yang sama pada satu class namun berbeda paramter.
BAB II
PEMBAHASAN
- PRAKTIKUM
Membuat Project Di Netbeans
- Yang pertama yaitu membuat Project Baru di Netbeans dengan caara klik File -> New Project - > Choose Project (Java Aplication).
- Kemudian klik Next dan isikan Project Name nya : Modul3PBO dan Project Locationnya berada di D:\PBOLISNA.
3. Setelah itu yaitu membuat file Empity Java file baru dengan cara klik kanan Source Package -> New -> Other -> Empity Java File. Dan klik Next.
- PRAKTIKUM 1
Source Code DataDiri.java
Hasil running :
- PRAKTIKUM 2
Penggunaan Method Setter dan Getter
- Buat File Empity Java File Baru. Setelah itu Kemudian berinama class namenyaBalok.java
Source Code Balok.java
Hasil Running :
- PRAKTIKUM 3
- Buat File Empity Java File Baru. Setelah itu Kemudian berinama class namenyaManusia.java
Source Code Manusia.java
2. Buat File Empity Java File baru, class namenya Lisna.java
Source Code Lisna.java
Hasil Running :
- PRAKTIKUM 4
2. Buat File Empity Java File baru, class namenya BayarSPP.java
Source Code BayarSPP.java
Hasil Running :
- PRAKTIKUM 5
2. Buat File Empity Java File baru, class namenya Utama.java
Source Code Utama.java
Hasil Running :
B. LATIHAN / POST TEST
Buatlah Program penerapan class, object, atribut, method seperti praktikum 3 dengan class/objek yang lain.
- Buat File Empity Java File Baru. Setelah itu Kemudian berinama class namenyaHewan.java
Source Code SuaraHewan.java
Hasil Running :
C. TUGAS INDIVIDU
Buatlah Program Praktikum 3 dengan inputan data menggunakan JoptionPane.
Source Code Manusia.java
Source Code Lisna.java
Hasil Running :
KESIMPULAN
Setiap Object (obyek) dibangun dari sekumpulan data (atribut) yang disebut variabel ( untuk menjabarkan karakteristik khusus dari obyek) dan juga terdiri dari sekumpulan method (menjambarkan tingkah laku dari obyek). Objek merupakan sebuah instance dari class. Jika class secara umum mempersentasikan template sebuah objek, sebuah instance adalah represenstasi nyata dari class itu sendiri.
0 komentar:
Posting Komentar