LAPORAN PRAKTIKUM PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
MODUL VI
“POLIMORPHISM”
Dosen : Iwan Lesmana, M.Kom
Disusun Oleh :
Regi Permana Jaya
20160910112
SI 2016 C
PRODI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang memberikan bimbingan dan pertolongannya sehingga dalam penulisan Laporan Praktikum Pemograman Berorientasi Objek ini bisa berjalan dengan lancar. Penulisan Laporan Praktikum Pemograman Berorientasi Objek Ini dimaksudkan penulis khusunya saya sendiri untuk memenuhi tugas mata kuliah Pemograman Berorientasi Objek. Penulisan Laporan Praktikum Pemograman Berorientasi Objek ini dimaksudkan sebagai penambah wawasan pembaca khususnya tentang Pemograman Berorientasi Objek tentang Polimorphism. Di sisi lain, penulis mengajak kepada para pembaca agar dapat memahami dan mendalami masalah topik di atas, sekaligus menerapkan hasil Laporan Pemograman Berorientasi Objek.
Demikianlah sebagai pengantar, mudah-mudahan dengan laporan ini bisa diterima dengan baik. Dan semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat-Nya dalam setiap aktivitas yang kita kerjakan. Amin
Kuningan , 20 November 2018
Penyusun,
Regi Permana Jaya
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR......................................................................................1
DAFTAR ISI....................................................................................................2
BAB I DASAR TEORI
A. Dasar Teori..................................................................................................3
BAB II PEMBAHASAN
A. Praktikum....................................................................................................6
B. Latihan/Post Test.......................................................................................22
C. Tugas Individu...........................................................................................28
BAB I
DASAR TEORI
- DASAR TEORIPolymorphism mempunyai makna sesuatu yang memiliki banyak bentuk, yaitu memiliki nama sama, tetapi memiliki kelakuan (behavior) yang berbeda.
Perhatikan gambar diagram diatas!
Class Bentuk yang merupakan class induk(superclass) dari class Lingkaran, Elips dan Segitiga mempunyai method gambar() dan hapus(). Class-class anak (subclass) juga mempunyai method gambar() dan hapus(). Meskipun keempat class tersebut mempunyai nama method yang sama, tetapi isi (source code/yang dilakukan/output) dari masing-masing method tersebut berbeda.
Jika kita menginginkan sebuah objek yang dapat memanggil setiap method(yaitu method gambar & hapus) yang ada pada setiap class (pada superclass maupun subclass). Maka gunakanlah teknik Polymorphism. Polymorphism hanya berlaku pada method dan tidak berlaku untuk atribut.
Untuk mendapatkan operasi polymorphism dari suatu method, maka method tersebut haruslah merupakan method yang ada di class induk (lihat diagran diatas bahwa method gambar() dan hapus(), selain terdapat di class-class turunan class Bentuk, juga terdapat di class Bentuk).
BAB II
PEMBAHASAN
- PRAKTIKUM
Membuat Project Di Netbeans
- Yang pertama yaitu membuat Project Baru di Netbeans dengan caara klik File -> New Project - > Choose Project (Java Aplication).
2. Kemudian klik Next dan isikan Project Name nya : Modul6PBO dan Project Locationnya berada di D:\PBOLISNA.
3. Setelah itu yaitu membuat file Empity Java file baru dengan cara klik kanan Source Package -> New -> Other -> Empity Java File. Dan klik Next.
- PRAKTIKUM 1
- Buat File Empity Java File Baru. Setelah itu Kemudian berinama class namenyaTesBentuk.javaSource Code TesBentuk.java
Hasil running :
- PRAKTIKUM 2
- Buat File Empity Java File Baru. Setelah itu Kemudian berinama class namenyaBentukwajah.java
Source Code Bentukwajah.java
2. Buat File Empity Java File baru, class namenya Programpolimorphism.java
Source Code Programpolimorphism.java
Hasil running :
- PRAKTIKUM 3
- Buat File Empity Java File Baru. Setelah itu Kemudian berinama class namenyaHewan.java
Source Code Hewan.java
2. Buat File Empity Java File baru, class namenya DemoHewan.java
Source Code DemoHewan.java
Hasil running :
- LATIHAN / POST TESTBuatlah Program Polimorphism dengan case studi yang berbeda dari praktikum diatas.
- Buat File Empity Java File Baru. Setelah itu Kemudian berinama class namenyaPosturtubuh.java
Source Code Posturtubuh.java
2. Buat File Empity Java File baru, class namenya Polimorphism.java
Source Code Polimorphism.java
Hasil running :
- TUGAS INDIVIDU
- Perbedaan Inheritence dengan Polimorphism, Jelaskan !
Jawab :
- Inheritance atau Pewarisan/Penurunan adalah konsep pemrograman dimana sebuah class dapat menurunkan property dan method yang dimilikinya kepada class lain. Konsep inheritance digunakan untuk memanfaatkan fitur code reuse untuk menghindari duplikasi kode program.Konsep inheritance membuat sebuah struktur atau hierarchy class dalam kode program. Class yang akan diturunkan bisa disebut sebagai class induk , super class atau base class. Sedangkan class yang menerima penurunan bisa disebut sebagai class anak , sub class, derived class atau heir class.Tidak semua property dan method dari class induk akan diturunkan. Property dan method dengan hak akses private tidak akan diturunkan kepada class anak. Hanya property dan method dengan hak akses protected dan public saja yang bisa diakses dari class anak.
- Polimorphism adalah suatu aksi yang memungkinkan pemrograman menyampaikan pesan tertentu keluar dari hirarki obyeknya, dimana obyek yang berbeda memberikan tanggapan/respon terhadap pesan yang sama sesuai dengan sifat masing-masing obyek.Atau dapat berarti banyak bentuk, maksudnya yaitu kita dapat menerima (override), suatu method yang berasal dari parent class (super class) dimana object tersebut diturunkan, sehingga memiliki kelakuan yang berbeda.
0 komentar:
Posting Komentar