LAPORAN PRAKTIKUM PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
MODUL V
“INHERITANCE (PEWARISAN)”
Dosen : Iwan Lesmana, M.Kom
Disusun Oleh :
Regi Permana Jaya
20160910112
SI 2016 C
PRODI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang memberikan bimbingan dan pertolongannya sehingga dalam penulisan Laporan Praktikum Pemograman Berorientasi Objek ini bisa berjalan dengan lancar. Penulisan Laporan Praktikum Pemograman Berorientasi Objek Ini dimaksudkan penulis khusunya saya sendiri untuk memenuhi tugas mata kuliah Pemograman Berorientasi Objek. Penulisan Laporan Praktikum Pemograman Berorientasi Objek ini dimaksudkan sebagai penambah wawasan pembaca khususnya tentang Pemograman Berorientasi Objek tentang Inheritance (Pewarisan). Di sisi lain, penulis mengajak kepada para pembaca agar dapat memahami dan mendalami masalah topik di atas, sekaligus menerapkan hasil Laporan Pemograman Berorientasi Objek.
Demikianlah sebagai pengantar, mudah-mudahan dengan laporan ini bisa diterima dengan baik. Dan semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat-Nya dalam setiap aktivitas yang kita kerjakan. Amin.
Kuningan , 20 November 2018
Penyusun,
Regi Permana Jaya
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.....................................................................................1
DAFTAR ISI...................................................................................................2
BAB I DASAR TEORI
A. Dasar Teori..................................................................................................3
BAB II PEMBAHASAN
A. Praktikum....................................................................................................6
B. Latihan/Post Test.......................................................................................22
C. Tugas Individu...........................................................................................28
BAB I
DASAR TEORI
- DASAR TEORIKonsep pewarisan (inheritance) : Proses pembentukan kelas baru dari kelas yang sudah ada menjadi kelas Superclass dan kelas Subclasses. Proses pembentukan kelas menghasilkan hierarki kelas yaitu puncak hierarki yang disebut kelas abstrak.
Dengan inheritance, class yang baru (subclass) akan mirip dengan class yang lama (superclass) namun memiliki karakteristik yang baru. Dalam Java, subclass hanya bisa memiliki satu superclass(single inheritance) sedangkan superclass bisa meiliki satu subclass atau lebih.
Untuk menerapkan inheritance, gunakan statement “extends”.
Keyword “super” digunakan oleh sublass untuk memanggil construktor atau method yang ada pada superclass-nya.
Contoh untuk memanggil constructor milik superclass-nya :
Contoh untuk memanggil method milik superclass-nya :
BAB II
PEMBAHASAN
- PRAKTIKUM
Membuat Project Di Netbeans
- Yang pertama yaitu membuat Project Baru di Netbeans dengan caara klik File -> New Project - > Choose Project (Java Aplication).
2. Kemudian klik Next dan isikan Project Name nya : Modul5PBO dan Project Locationnya berada di D:\PBOLISNA.
3. Setelah itu yaitu membuat file Empity Java file baru dengan cara klik kanan Source Package -> New -> Other -> Empity Java File. Dan klik Next.
- PRAKTIKUM 1
- Buat File Empity Java File Baru. Setelah itu Kemudian berinama class namenyaPerson.java
Source Code Person.java
2. Buat File Empity Java File baru, class namenya Dosen.java
Source Code Dosen.java
3. Buat File Empity Java File baru, class namenya Mahasiswa.java
Source Code Mahasiswa.java
4. Buat File Empity Java File baru, class namenya Tampil.java
Source Code Tampil.java
Hasil running :
- PRAKTIKUM 2
- Buat File Empity Java File Baru. Setelah itu Kemudian berinama class namenyakakek.java
Source Code kakek.java
2. Buat File Empity Java File baru, class namenya bapak.java
Source Code bapak.java
3. Buat File Empity Java File baru, class namenya cucu.java
Source Code cucu.java
Hasil running :
B. LATIHAN / POST TEST
Buatlah Program inheritance dengan case studi yang berbeda dari praktikum diatas.
- Buat File Empity Java File Baru. Setelah itu Kemudian berinama class namenyakucing.java
Source Code kucing.java
2. Buat File Empity Java File baru, class namenya ayam.java
Source Code ayam.java
3. Buat File Empity Java File baru, class namenya serigala.java
Source Code serigala.java
4. Buat File Empity Java File baru, class namenya hewan.java
Source Code hewan.java
Hasil running :
C. TUGAS INDIVIDU
Modifikasi program praktikum 2, sehingga terdapat sub class cicit.
Melakukan modifikasi pada kode program cucu dan menambhakan class cicit.
Source Code cucu.java
Source Code cicit.java
Hasil running :
0 komentar:
Posting Komentar