LAPORAN PRAKTIKUM PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
MODUL VIII
“INTERFACE”
Dosen : Iwan Lesmana, M.Kom
Disusun Oleh :
Regi Permana Jaya
20160910112
SI 2016 C
PRODI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang memberikan bimbingan dan pertolongannya sehingga dalam penulisan Laporan Praktikum Pemograman Berorientasi Objek ini bisa berjalan dengan lancar. Penulisan Laporan Praktikum Pemograman Berorientasi Objek Ini dimaksudkan penulis khusunya saya sendiri untuk memenuhi tugas mata kuliah Pemograman Berorientasi Objek. Penulisan Laporan Praktikum Pemograman Berorientasi Objek ini dimaksudkan sebagai penambah wawasan pembaca khususnya tentang Pemograman Berorientasi Objek tentang Interface. Di sisi lain, penulis mengajak kepada para pembaca agar dapat memahami dan mendalami masalah topik di atas, sekaligus menerapkan hasil Laporan Pemograman Berorientasi Objek.
Demikianlah sebagai pengantar, mudah-mudahan dengan laporan ini bisa diterima dengan baik. Dan semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat-Nya dalam setiap aktivitas yang kita kerjakan. Amin
Kuningan , 1 Januari 2019
Penyusun,
Regi Permana Jaya
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR...................................................................................1
DAFTAR ISI.................................................................................................2
BAB I DASAR TEORI
A. Dasar Teori...............................................................................................3
BAB II PEMBAHASAN
A. Praktikum.................................................................................................6
B. Latihan/Post Test....................................................................................22
C. Tugas Individu........................................................................................28
BAB I
DASAR TEORI
- DASAR TEORIInterface adalah sekumpulan konstanta dan atau deklarasi method tanpa menyertakan/ menuliskan body methodnya. Interface biasa digunakan untuk mendeklarasikan koleksi method dan konstanta yang dapat digunakan oleh satu atau lebih class.Deklarasi interfaceUntuk mendeklarasikan sebuah interface digunakan sintaks :
Berikut ini adalah contoh membuat interface Speedometer :
Implementasi interface
Cara menggunakan suatu interface adalah dengan mengimplementasikan interface tersebut pada class yang menggunakannya. Selain itu anda juga harus mendefinisikan secara detail method-method yang ada pada interface tersebut.
BAB II
PEMBAHASAN
- PRAKTIKUM
Membuat Project Di Netbeans
- Yang pertama yaitu membuat Project Baru di Netbeans dengan caara klik File -> New Project - > Choose Project (Java Aplication).
2. Kemudian klik Next dan isikan Project Name nya : Modul8PBO dan Project Locationnya berada di D:\PBOLISNA
3. Setelah itu yaitu membuat file Empity Java file baru dengan cara klik kanan Source Package -> New -> Other -> Empity Java File. Dan klik Next.
- PRAKTIKUM 1
- Buat File Empity Java File Baru. Setelah itu Kemudian berinama class namenyaSpeedometer.java
- Source Code Speedometer.java
public interface Speedometer{
public void tambahKecepatan();
public void kurangiKecepatan();
}
class Mobil implements Speedometer
{
public void tambahKecepatan()
{System.out.println("injak kopling lebih tinggi & dan Gas Mobilnya");}
public void kurangiKecepatan()
{System.out.println("Rem Mobilnya & pindah gear yang lebih rendah");}
}
class Motor implements Speedometer
{
public void tambahKecepatan()
{System.out.println("pindah ke gear yang lebih tinggi & Gas Motornya");}
public void kurangiKecepatan()
{System.out.println("Rem Motornya dengan rem belakang + depan, lalu" +
"Pindah gear yang lebi rendah");}
}
class TestKendaraan
{
public static void main(String[] args){
Mobil mobil = new Mobil();
Motor motor = new Motor();
System.out.print("Cara ngebut pake motor: ");
motor.tambahKecepatan();
System.out.print("Cara berhentinya: ");
motor.kurangiKecepatan();
System.out.print("Cara balapan pake mobil: ");
mobil.tambahKecepatan();
System.out.print("Klo udah puas: ");
mobil.kurangiKecepatan();
}
}
- Hasil running :
- PRAKTIKUM 2
- Buat File Empity Java File Baru. Setelah itu Kemudian berinama class namenyaPesan.java
- Source Code Pesan.javapublic interface Pesan{public void tampilPesan1();public void tampilPesan2();public void tampilPesan3();}
2. Buat File Empity Java File baru, class namenya MainPesan.java
- Source Code MainPesan.javapublic class MainPesan implements Pesan{public static void main(String[] okedroid){MainPesan ps = new MainPesan();ps.tampilPesan1();ps.tampilPesan2();ps.tampilPesan3();}@Overridepublic void tampilPesan1(){System.out.println("tampilkan pesan 1");}@Overridepublic void tampilPesan2(){System.out.println("tampilkan pesan 2");}@Overridepublic void tampilPesan3(){System.out.println("tampilkan pesan 3");}}
- Hasil running :
B. LATIHAN / POST TEST
- Buatlah Program Interface dengan case studi yang berbeda dari praktikum diatas.
- Buat File Empity Java File baru, class namenya posttestm8.java
- Source Code posttestm8.javapublic interface posttestm8{public void tambahTinggi();public void kurangiTinggi();}class motor implements posttestm8{public void tambahTinggi(){System.out.println("Tarik tuas gas dengan sekencangnya");}public void kurangiTinggi(){System.out.println("Tekan rem belakang dengan otomatis ban akan turun");}}class Pesawat implements posttestm8{public void tambahTinggi(){System.out.println("Pegang tuasnya lalu tarik tuasnya");}public void kurangiTinggi(){System.out.println("Pegang tuasnya lalu dorong ke depan");}}class TestKetinggian{public static void main(String[] args){motor motor = new motor();Pesawat pesawat = new Pesawat();System.out.print("Cara menaikan ban depan motor: ");motor.tambahTinggi();System.out.print("Cara menurunkan ban depan motor: ");motor.kurangiTinggi();System.out.print("Cara menaikan pesawat: ");pesawat.tambahTinggi();System.out.print("Cara menurunkan pesawat: ");pesawat.kurangiTinggi();}}
- Hasil running :
C. TUGAS INDIVIDU
Buatlah kelas mahasiswaSuper dengan menggunakan interface mahasiswa,atlit,wiraswasta,dan kemudian instantiasi menjadi objek dengan nama sesuai nama Anda !
- Buat File Empity Java File Baru. Setelah itu Kemudian berinama class namenyamahasiswaSuper.java
- Source Code mahasiswaSuper.javapublic interface mahasiswaSuper{public void mahasiswa();public void atlit();public void wirawasta();}
2. Buat File Empity Java File baru, class namenya mainmahasiswa.java
- Source Code mainmahasiswa.javapublic class mainmahasiswa implements mahasiswaSuper{public static void main(String [] args){mainmahasiswa lisna = new mainmahasiswa();lisna.mahasiswa();lisna.atlit();lisna.wirawasta();}public void mahasiswa(){System.out.println("Lisna Wulandari");}public void atlit(){System.out.println("Basket");}public void wirawasta(){System.out.println("CEO Perusahaan");}}
- Hasil running :
























0 komentar:
Posting Komentar